FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 98, NULL , '', '', '', '' )
jump to navigation

Download APK android dari Google Play December 2, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Dari awal menggunakan android sejak 3 tahun yang lalu, sempat bertanya-tanya kenapa ya di Google Play kalau mau install aplikasi android tidak bisa yang berbentuk .apk (sama halnya di sistem operasi  windows yang memiliki .exe). Jadi kan enak kalau mau install aplikasi bisa berkali-kali karena selama ini kalau mau install aplikasi android ya harus dari Google Play yang notabene akan memakan kuota internet dan bisa sampai berlama-lama kalau koneksinya lemot.  Yam au gak mau akhirnya install aplikasi android berbentuk apk di black market dan web sejenisnya yang memang khusus menyediakan apk, kalau tidak ada ya searching aja di Google. Tapi sekarang kita bisa mendownload file .apk android dari Google Play. Ini berkat dari perjuangan dua orang yang membuat sebuah web yang khusus mengenerati aplikasi di Google Play menjadi .apk. Caranya pun gampang, kita cukup membuka Google Play melalui komputer/pc yang beralamat di https://play.google.com/store?hl=in setelah itu , cari aplikasi yang ingin di buat .apk nya. Setelah itu copy alamat URL pada browser komputer. Langkah selanjutnya adalah membuka web downloader apk yang sebelumnya saya kasih tahu di alamat http://apps.evozi.com/apk-downloader/ pastekan alamat URL yang sebelumnya, setelah itu klik tombol “Generate Download Link”, nantinya kita akan mendownload aplikasi android berbasis .apk .

Kilas balik tentang BBM di android November 25, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Bulan September kemarin BBM untuk android dan IOS sudah bias digunakan tapi waktu itu BBM hanya berumur beberapa jam saja karena setelah itu BBM tidak bisa digunakan karena dimatikan oleh pihak BBM dan pada bulan Oktober, BBM tersebut kembali bias digunakan tetapi hanya bisa digunakan untuk orang yang telah melakukan pendaftaran terlebih dahulu. Pada bulan November 2013 BBM di android dan IOS sudah bisa benar-benar digunakan. Pada kesempatan ini saya hanya akan membahas BBM di android.
BBM di anroid pada dasarnya digunakan dengan spesifikasi perangkat android tertentu seperti minimal OS nya adalah ICS dan prosesornya armv 7 sehingga tidak semua pengguna android bias menggunakan BBM, tetapi hal ini tidak menjadi masalah. Pada intinya android adalah sistem operasi opensource yang artinya gratis dan bebas untuk dikembangkan sehingga ada banyak jalan menuju ke roma alias ada banyak orang disana yang akhirnya mengembangkan BBM sehingga bias digunakan untuk OS gingerbread yang notabene untuk ICS. Selain itu banyak juga orang di luar sana yang mengembangkan BBM sehingga pada akhirnya pengguna android bisa mengginstall BBM lebih dari satu pada perangkat androidnya (1 hp bisa banyak pin BB). Dan akhir-akhir ini ada juga BBM bisa juga diinstall pada perangkat komputer/desktop dengan menggunakan virtualbox. Hebat kan?? Intinya aplikasi apapun yang ada di android pada dasarnya bisa dikembangkan lagi, itulah kelebihan dari android J

Membuat Karikatur dengan Android November 25, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Beberapa minggu lalu saya ingin menganti Display Picture di BBM dengan gambar kartun atau karikatur dari diri saya sendiri, sehubungan dengan saya pribadi tidak terlalu pinter desain jadi bingung juga, dulu sih pas kuliah punya temen kuliah yang bias dimintain tolong tapi sekarang ya gak bias. Sebenarnya kalau mau pake aplikasi desktop juga bias tapi sayangnya lagi malas dan ribet jadi iseng-iseng main ke Play Store. Di bagian tab free aplikasi  ada aplikasi yang namanya MomentCam yang cocok dengan aplikasi yang lagi saya cari. Aplikasi ini di Play Store lumayan popular juga karena urutan ke-4 setelah BBM, facebook, dan Whatapp. Karena cukup popular dan pastinya bagus karena masuk rangking di Play Store jadi langsung donlot aja. Ukuran filenya cukup kecil yaitu 22mban.
Setelah donlot ternyata cara menggunakannya juga sangat mudah. Cukup ambil foto dari kamera atau dari gallery HP. Dalam hal ini saya mengambil dari gallery hp dan tinggal menyesuaikan temanya apa. Selain tema, disini juga bisa mengedit wajah, tampilan rambut, wajah, alis dan lainnya. Pokoknya lengkap deh seperti aplikasi di desktop tapi yang jelas dengan menggunakan aplikasi ini gak butuh waktu lama. Saya melihat aplikasi ini cukup bagus untuk membuat karikatur tapi sayangnya aplikasi ini akan mengambil potongan kepala kita, gak bisa seluruh foto. Jadi cara kerja aplikasi ini adalah mengambil bagian kepala pada foto dan menempelnya pada tema yang ada di aplikasi ini. Ini contoh hasil karikatur dengan menggunakan MomanCam.


Selain aplikasi di atas, iseng-iseng cari aplikasi sejenis lagi di Play Store, akhirnya nemu aplikasi Photo Sketch Potrait Tumblr. Berbeda dengan aplikasi MomentCam, aplikasi ini hanya akan men-sketch foto alias menjadikan foto menjadi bentuk hasil dari gambaran pensil. Aplikasi ini juga cukup bagus dan bisa dijadikan alternatif selain MomentCam. Hasil dari aplikasi ini juga cukup bagus. Tidak seperti MomentCam, aplikasi ini bisa menampilkan seluruh bagian foto tapi sayingnya tidak ada tema atau pilihan desain karena aplikasi ini hanya mengubah foto manjadi sketch (lukisan pensil). Akhirnya ya saya menggunakan kedua aplikasi ini untuk membuat animasi dari foto saya. Kedua aplikasi ini punya kelebihan dan kekurangan masing-masing seperti yang saya jelaskan sebelumnya. Saya menggunakan kedua aplikasi ini karena adakalanya saya ingin membuat karikatur yang lucu dengan MomentCam dan adakalanya hanya ingin men-sketch foto karena hasilnya juga bagus.

Membuat album Foto dengan Flip Book Maker November 4, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Pada kesempatan ini Penulis ingin mereview salah satu software yang digunakan untuk membuat album foto digital. Dikatakan digital karena metode penyimpanannya di komputer  atau media lainnya. Alasan Penulis membahas software ini karena ada keinginan Penulis untuk mengatur foto-foto yang ada di laptop supaya lebih bagus lagi. Selama ini foto disimpan dalam bentuk folder biasa, kalau mau dilihat menggunakan aplikasi bawaan windows. Penulis punya keinginan membuat album foto seperti album foto biasa yang tampilannya menarik layaknya buku foto album. Ada banyak aplikasi yang khusus digunakan untuk membuat album foto, contohnya Picasa, JAlbum, CollageIT, Collapse Share, dan lainnya. Setelah mencoba aplikasi ini yang disebutkan tadi, Penulis kurang sreg menggunakan aplikasi tersebut untuk membuat album karena hasil akhir/output dari aplikasi tersebut kurang menarik. Contoh JAlbum hasil akhirnya berupa file HTML layaknya tampilan web dan cara melihat album pun menurut Penulis biasa. CollageIT walaupun banyak digunakan untuk membuat album foto tapi menurut Penulis kurang sreg juga karena jujur males nyari serial number dan outputnya pun kurang bagus dan akhirnya Penulis menggunakan Flip Book Maker. Sebenarnya sih aplikasi ini digunakan untuk membuat e-book atau materi yang berbentuk buku yang bias dibolak balik. Sebagai gambaran, kalau temen-temen pernah membuka majalah online seperti kompas atau detik yang versi ebooknya maka tampilan akhir dari Flip Book Maker seperti itu kurang lebih dan itu yang Penulis cari selama ini, selain tampilannya seperti buku album di aplikasi ini juga banyak animasi yang dapat ditambahkan di album foto. Cara penggunaan aplikasi ini juga sangat mudah. Cukup tambahkan foto lalu pilih animasi yang diinginkan maka album foto langsung jadi. Oya kelebihan yang Penulis suka dari aplikasi ini adalah outputnya dapat berupa .swf, pdf, .exe dan lainnya yang sangat enak dijalankan. Bagi temen-temen yang ingin membuat album foto seperti yang ada di dunia nyata maka Flip Book Maker ini bias dijadikan pilihan Bagi temen-temen yang punya aplikasi sejenis bias di share disini juga. Untuk software maaf belum bisa upload tapi bisa di cari di google, hehe

BBM untuk Android Diluncurkan September 2013 July 19, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Bulan Mei kemarin, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengumumkan BlackBerry Messenger (BBM) akan segera tersedia di perangkat Android dan iOS. Aplikasi messaging ini dikabarkan akan meluncur secara global musim panas nanti atau menjelang akhir tahun 2013.

Sebelumnya, operator selular asal Inggis T-Mobile melalui akun Twitter-nya berkicau bahwa aplikasi BBM untuk Android dan iOS akan mulai bisa diunduh mulai 27 Juni 2013. Namun kicauan itu langsung dihapus dan aplikasi BBM untuk Android dan iOS belum kunjung datang.

Sekarang, tanggal kemunculan BBM untuk Android kembali berhembus di Internet. Kali ini sumber informasinya lebih terpercaya. Saat peluncuran BlackBerry Q5 di India, Managing Director BlackBerry India Sunil Lalvani ditanya kapan aplikasi BMM mulai digunakan di ponsel Android.

“Menurut jadwal perusahaan, aplikasi BBM untuk Android akan mulai dirilis pada musim panas ini. Musim panas di Amerika Utara akan berlangsung pada bulan September,” kata Sunil dilansir laman Phones Review, 18 Juli 2013.

Sunil mengatakan, aplikasi BBM tidak akan diluncurkan pada akhir bulan ini, tapi paling telat tanggal 21 September tahun ini. “Tunggu saja. Dua bulan lagi Anda bisa mulai mengunduh aplikasi BBM untuk Android di Play Store,” ujar Sunil.

Sumber :

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/430061-bbm-untuk-android-diluncurkan-september-2013

Software Pengunci System January 15, 2011

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Bagi pengguna Sistem Operasi Windows pasti ada sebuah masalah yang dari dulu selalu menghantui Windows dan mengganggu aktivitas penggunaan komputer. Masalah ini adalah virus yang dari dulu selalu ada di tiap versi Windows, walaupun pihak Microsoft selaku pembuat OS Windows mengklaim adanya perbaikan dari segi kemanan pada tiap versinya tapi tetap aja sang virus bisa masuk. Hal ini berbeda jika kita menggunakan OS Linux yang bisa dibilang bebas dari virus. Emang apa yang bisa dilakukan virus pada komputer kita??? Ya jelaslah virus menganggu, namanya juga virus alias penyakit. Dari awal menggunakan OS Windows (sejak SMA), komputer saya udah terkena virus, waktu itu media penyebarannya melalui disket (belum ada flashdisk jaman itu, kalaupun ada mahal). Yang dilakukan virus pada komputer saya adalah mulai dari hal sepele seperti menghidden file Word, lagu, dan file lainnya. Pernah juga terkena virus yang menampilkan halaman web secara periodik, dan yang paling menyakitkan adalah membuat komputer saya restart sendiri secara periodik. Hal ini tentu saya menganggu aktivitas kita apalagi kalau restart terus. Walaupun sudah pake segala macam antivirus (pernah nyoba AVG, Avast, Kapersky, Avira, Panda, Ansav, PCMac, dll) tapi tetep aja gak ngaruh, yang ada komputer malah berat karena install antivirus, waktu itu speknya komputer masih tertinggal. Dan akhirnya beberapa tahun yang lalu saya menemukan sebuah software yang bisa dibilang hebat, nama softwarenya adalah Deepfreeze yang dapat mengunci sistem komputer kita (dalam kasus ini cuma partisi C yang di deepfreeze).

(more…)

Bada OS dari Samsung January 14, 2011

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Sebenarnya ada banyak sistem operasi yang digunakan untuk handphone seperti Symbian, Windows Mobile, Black Berry OS, Iphone OS, Linux Mobile, Android, Maemo, Web OS, Limo, dan lainnya tapi kebanyakan dari kita hanya familiar pada beberapa sistem operasi saja. Setelah kemunculan handphone yang berbasis sietm oprasi Android muncul, penggunaan handphone yang tergolong smartphone pun makin banyak digandrungi oleh masyarakat di Indoensia apalagi telah banyak produsen handphone yang telah menanamkan sistem operasi Windows Mobile dan Android pada handphonenya dan sekarang telah muncul sebuah sistem operasi baru yaitu Bada OS. Konon katanya sistem operasi ini lebih baik dari kedua sistem operasi sebelumnya. Untuk sekarang ini produsen handphone yang menerapkan sistem operasi Bada adalah Samsung. Wajar jika Samsung menggunakan sistem operasi Bada pada merk handphone nya karena Sistem Operasi ini adalah buatan sendiri dari Samsung yang merupakan produsen handphone dari korea. Bada sendiri dalam bahasa korea berarti lautan. Konon, nama ini mencerminkan peluang tidak terbatas pembuatan aplikasi berbasis platform baru tersebut bagi para developer, maupun fungsi-fungsi yang bakal dinikmati pemakai hape-nya. Bada dirancang sebagai sistem operasi terbuka (open platform). Karena itu, di arena sistem operasi mobile, Bada akan bertarung dengan Symbian, Android, dan LiMo. Untuk jenis dari handphone Samsung yang telah menerapkan sistem operasi ini antara lain Samsung S8500, Samsung Wave, Samsung S8530, Samsung Wave 525 (S5250), Samsung Wave 533 (S5330), dan Samsung Wave 575 (S5750), dan lainnya. (more…)

Acer Rambah Pasar Smartphone di Indonesia August 4, 2009

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

KOMPAS.com – Makin maraknya pasar smartphone di Indonesia membuat Acer tergiur untuk terjun ke medan bisnis ini. Setelah mengakusisi produsen Smartphone E-TEN, tahun ini Acer ikut merambah pasar smartphone dengan jumlah yang tidak tanggung-tanggung, sembilan smartphone.

“Peluncuran produk smartphone ini bertujuan untuk mengaskan kami sebagai salah satu perusahaan terkemuka di pasar fast moving mobility,” ujar Direktur Acer Smart Handheld Asia Pasifik, Kamarudin Bin Abdul Kahar, dalam acara peluncuran smartphone Acer yang berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta, Selasa (4/8).

(more…)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer