FireStats error : Database error: Error establishing mySQL database connection:php_network_getaddresses: getaddrinfo failed: Name or service not known in /home/students/public_html/wp-content/plugins/firestats/lib/ezsql/mysql/ez_sql_mysql.php on line 98

MySQL Version:
SQL Query:
INSERT DELAYED INTO `plugin_firestats_pending_data` ( `timestamp`, `site_id` , `user_id`, `url` , `referrer` , `useragent` , `ip` ) VALUES ( NOW(), 98, NULL , '', '', '', '' )
jump to navigation

Rekening Ponsel, Apa itu? July 27, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Uncategorized , add a comment

Beberapa minggu yang lalu Bank CIMB Niaga mengeluarkan sebuah produk baru yang diberi nama Rekening Ponsel. Lalu apakah Rekening Ponsel itu?  Karena penasaran dengan iklan Rekening Ponsel Bank CIMB Niaga maka penulis mencoba mencari tahu dan mengulas Rekening Ponsel. Dari definisi sendiri, Rekening Ponsel adalah wadah untuk menampung uang elektronik (e-money) milik pemilik Rekening Ponsel pada Bank yang menggunakan nomor ponsel pemilik rekening sebagai nomor identitas rekening ponsel. Jadi intinya nomor rekening kita adalah nomor ponsel kita itu sendiri. Untuk menggunakan layanan rekening ponsel, kita tidak harus menjadi nasabah Bank CIMB, untuk menikmati layanan ini, kita cukup mendaftarkan nomor ponsel kita ke Bank CIMB dan jangan lupa membawa identitas diri (SIM/KTP/dll). Bagi nasabah Bank CIMB sendiri bisa langsung menikmati fasilitas ini dengan mendaftarkan nomor ponselnya. Bisa dibilang Rekening Ponsel ini adalah inovasi pertama di Asia dan Indonesia merupakan negara kedua yang dapat menikmati Rekening Ponsel setelah Australia.

(more…)

Masih Perlukah MOS diadakan? July 23, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Renungan , add a comment

Sekarang ini lagi musim-musimnya tahun ajaran baru, setiap tahunnya ada acara yang selalu menjadi acara pengenalan sekolah bagi pelajar baru. Acara tersebut adalah Masa Orientasi Siswa (MOS) atau ada yang menyebutnya orientasi studi dan pengenalan kampus (ospek).  Masa orientasi siswa lazin kita temui hampir di tiap sekolah, mulai dari tingkat SMP, SMA hingga perguruan tinggi. Tak pandang itu sekolah negeri maupun swasta, semua menggunakan cara ini untuk mengenalkan almamater pada siswa barunya.
MOS dijadikan sebagai ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan. MOS juga sering dipakai sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah tersebut. Baik itu perkenalan dengan sesama siswa baru, kakak kelas, guru hingga karyawan di sekolah itu tak terkecuali pengenalan berbagai macam kegiatan yang ada dan rutin dilaksanakan di lingkungan sekolah. Dalam kegiatan MOS pasti ada tujuan yang ingin dicapai. Tujuan yang hendak dicapai dalam kegiatan MOS itu adalah :
1.    Memperkenalkan siswa pada lingkungan fisik sekolah yang baru mereka masuki
2.    Memperkenalkan siswa pada seluruh komponen sekolah beserta aturan, norma, budaya, dan tata tertib yang berlaku di dalamnya.
3.    Memperkenalkan siswa pada keorganisasian
4.    Memperkenalkan siswa untuk dapat menyanyikan lagu hymne dan mars sekolah
5.    Memperkenalkan siswa pada seluruh kegiatan yang ada di sekolah
6.    Mengarahkan siswa dalam memilih kegiatan ekstrakurikuler yang sesuai dengan bakat mereka
7.    Menanamkan sikap mental, spiritual, budi pekerti yang baik, tanggung jawab, toleransi, dan berbagai nilai positif lain pada diri siswa sebagai implementasi penanaman konsep iman, ilmu, dan amal
8.    Menanamkan berbagai wawasan dasar pada siswa sebelum memasuki kegiatan pembelajaran secara formal di kelas.
Kalau dilihat dari tujuan MOS itu sendiri sangat bagus tapi apa yang ada di lapangan sangat berbeda juah dari tujuan MOS itu sendiri. MOS dari dulu sampai sekarang dijadikan sebagai ajang perplocoan dan balas dendam kakak kelas kepada siswa baru. Kegiatan ini terjadi secara turun temurun bahkan sampai saat ini walaupun pemerintah sendiri sudah melarang kegiatan MOS yang cenderung perplocoan, menyiksa para siswa, dan kegiatan ekstrem lainnya. Kegiatan MOS di Indonesia identik dengan kekerasan, hukuman fisik dan mental, luapan amarah kakak kelas, dan lain-lain. Dulu penulis sewaktu SLTP mengikuti MOS tidak jauh berbbeda dengan sekolah lainnya. Pengalaman penulis pribadi sewaktu SLTP adalah kita semua disuruh jalan sambil jongkok trus ada kegiatan yang isinya luapan emosi kakak kelas, nulis surat cinta buat kakak kelas dan kegiatan “negatif” lainnya. Lulus SLTP dan naik ke bangku SMA tidak mengubah keadaan, lagi-lagi siswa baru mengenal MOS yang tidak jauh dari masa SLTP bahkan ada satu kegiatan yang sangat memalukan saat itu yaitu kita semua disuruh buka baju dan celana tanpa terkecuali, hal ini waktu itu sempat heboh dan masuk berita surat kabar lokal dan membuat geram dan malu pihak sekolah. Sampai disini kalau dilihat adakah manfaat dari MOS jika kegiatannya seperti itu???? MOS yang katanya sebagai indikator awal baik buruknya siswa-siswa malah tercoreng sendiri dengan kelakuan siswa-siswinya, tidak sedikit di TV kita menyaksikan berita tentang MOS yang cenderung negatif sampai harus ada yang meninggal dan luka berat. Sekali lagi, jika kegiatannya seperti ini adakah manfaatnya??
Naik ke tingkat selanjutnya yaitu Perguruan Tinggi ternyata kasus perploncoan ini makin hebatnya, padahal ya kalau di pikir pola pikir mahasiswa sudah berbeda jauh tapi apa yang dilakukan malah lebih ekstrem dari SLTP dan SMA. Kegiatan MOS dan kegiatan “Malam Keakraban” dijadikan acara siksaan bagi mahasiswa baru, pada saat itu kita semua ada acara malam keakraban dan berkemah di suatu tempat, tapi apa yang terjadi disana sungguh mengenaskan, kita semua jam 2 pagi sudah harus latihan “ala militer” naik turun bukit yang tidak ada manfaatnya, selama berhari-hari kita mengalami siksaan fisik dan sebagainya. Sekali lagi hal ini mencoreng institusi yang ada. Adakah manfaatnya MOS??? Kalau dilihat dari tujuan awal sebenarnya tujuan MOS sudah cukup bagus tapi sayang semua kegiatannya melenceng yang seharusnya MOS adalah masa untuk siswa mengenal lingkungan sekolah, guru, kegiatan dan mencari teman baru tapi yang ada malah perploncoan.
Kegiatan MOS di luar negeri berbeda jauh dengan negeri ini, di luar negeri MOS adalah kegiatan yang menyenangkan dimana sekolah/institusi mengadakan kegiatan yang benar-benar positif seperti acara masak bareng dimana diikuti oleh semua guru dan siswa baik kakak kelas ataupun siswa baru. Selain itu MOS di luar negeri sebagai ajang perkenalan ekskul yang ada dan memperkenalkan sekolahnya. Di luar negeri tujuan dari MOS itu benar-benar kesampaian, siswa baru benar-benar mengenal lingkungan sekolahnya, mengenal gurunya karena berinteraksi langsung dengan guru.
Sebenarnya kalau mau di Indonesia pun bisa membuat acara MOS lebih positif seperti di luar negeri seperti mungkin menambhahkan acara keagamaan, acara bareng yang mempererat hubungan dan lainnya. Tujuan penulis menulis artikel ini adalah sebagai pembelajaran bagi pemerintah dan institusi untuk menjadikan acara MOS lebih bermanfaat serta mengawasi jalannya MOS. Semoga acara MOS tahun ini bias lebih baik dan tidak ada berita negatif lagi tentang acara MOS yang berujung merusak citra institusi bahkan negeri ini.

7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama dan Terpendek July 19, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Renungan , 2comments
Durasi Puasa Di setiap negara – Mungkin di antara kita banyak yang belum tahu tentang perbedaan waktu di setiap negara itu tidak sama.
Tak semua negara bisa berbuka dengan hanya waktu 12 jam untuk menunggu waktu berbuka ,  ada juga negara yang lebih dari 12 jam untuk menempuh waktu untuk berbuka puasa.
Nah pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi informasi tentang 7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama dan Terpendek.
Bagi anda yang ingin melihat informasi mengenai 7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama dan Terpendek , yuk kita simak di bawah ini.
7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama dan Terpendek
1. Rusia

Rusia sepertinya menjadi negara paling berat saat kamu menjalani puasa Ramadan. Bayangkan saja, umat Muslim di Provideniya sudah harus menyelesaikan makan sahur pada pukul 01.46 dini hari dan baru boleh berbuka saat adzan magrib berkumandang di pukul 21.43 malam. Bisa membayangkan?

Durasi Puasa : 19 Jam 57 Menit

2. Inggris

Ingin bisa berpuasa Ramadan di negeri Harry Potter? Maka setidaknya kamu harus kuat menahan lapar dan haus selama lebih dari 15 jam. Bayangkan saja, muslim di London mendengar tanda imsak pada pukul 02.45 dini hari dan baru boleh berbuka pada pukul 20.50 malam. Semoga saja tak saat musim panas ya.

Durasi Puasa : 18 Jam 5 Menit

3. Amerika Serikat

Saat kamu harus berpuasa di kota super megapolitan New York, maka kamu memang harus lebih kuat menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus. Menjadi imigran di Amerika Serikat saat bulan suci Ramadan maka puasa dimulai imsak saat pukul 04.25 dan baru akan berbuka pada pukul 20.12 malam. Hmm, itu sudah selesai salat tarawih di Indonesia ya.Durasi Puasa : 15 Jam 47 Menit

4. Jepang

Tinggal di Tokyo menyenangkan karena dipenuhi berbagai Gadget dan alat transportasi super canggih? Memang, namun bagaimana jika kamu ada di sana saat menjalani puasa Ramadan? Muslim di Jepang disebutkan memulai puasa saat imsak pukul 03.11 dan baru akan berbuka pukul 18.47 nanti.

Durasi Puasa : 15 jam 36 Menit

5. Arab Saudi

Kalau kamu memilih melakukan ibadah umroh saat bulan suci Ramadan. maka kamu harus bersiap-siap untuk melakukan puasa lebih panjang dari yang biasa kamu lakukan di Indonesia. Karena Mekkah memulai imsak pada pukul 04.31 dan baru berbuka pada 19.01 malam.Durasi Puasa : 14 Jam 30 Menit

Durasi Puasa : 14 Jam 30 Menit

6. Indonesia

Nah ini adalah puasa yang paling wajar dijalani Orang Indonesia. Jika dirata-rata kebanyakan Orang Indonesia akan menemui imsak pada pukul 04.52 dan berbuka puasa pada 17.55 sore (mengambil contoh Jakarta). Maka itu berarti kamu setengah hari menahan hawa nafsu termasuk lapar dan haus, hebat!

Duras Puasa : 13 Jam 3 Menit

7. Australia Barat

Kalau merasa ingin mencoba puasa di negara tetangga namun tak jauh dari Indonesia, Austraia adalah pilihan yang cukup tepat. Menjalani puasa Ramadan di Perth dan kawasan Australia Barat, maka kamu akan menemui imsak pukul 05.42 dan siap untuk berbuka pada 17.41 petang.

Durasi Puasa : 11 Jam 59 Menit
Nah itulah tadi informasi mengenai 7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama , Semoga informasi tentang 7 Negara Dengan Durasi Waktu Puasa Terlama dan Terpendek ini bermanfaat untuk anda semua , Selamat berpuasa..!!!

BBM untuk Android Diluncurkan September 2013 July 19, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : IT , add a comment

Bulan Mei kemarin, CEO BlackBerry Thorsten Heins mengumumkan BlackBerry Messenger (BBM) akan segera tersedia di perangkat Android dan iOS. Aplikasi messaging ini dikabarkan akan meluncur secara global musim panas nanti atau menjelang akhir tahun 2013.

Sebelumnya, operator selular asal Inggis T-Mobile melalui akun Twitter-nya berkicau bahwa aplikasi BBM untuk Android dan iOS akan mulai bisa diunduh mulai 27 Juni 2013. Namun kicauan itu langsung dihapus dan aplikasi BBM untuk Android dan iOS belum kunjung datang.

Sekarang, tanggal kemunculan BBM untuk Android kembali berhembus di Internet. Kali ini sumber informasinya lebih terpercaya. Saat peluncuran BlackBerry Q5 di India, Managing Director BlackBerry India Sunil Lalvani ditanya kapan aplikasi BMM mulai digunakan di ponsel Android.

“Menurut jadwal perusahaan, aplikasi BBM untuk Android akan mulai dirilis pada musim panas ini. Musim panas di Amerika Utara akan berlangsung pada bulan September,” kata Sunil dilansir laman Phones Review, 18 Juli 2013.

Sunil mengatakan, aplikasi BBM tidak akan diluncurkan pada akhir bulan ini, tapi paling telat tanggal 21 September tahun ini. “Tunggu saja. Dua bulan lagi Anda bisa mulai mengunduh aplikasi BBM untuk Android di Play Store,” ujar Sunil.

Sumber :

http://teknologi.news.viva.co.id/news/read/430061-bbm-untuk-android-diluncurkan-september-2013

Ketika Programmer Menikah July 16, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Renungan , add a comment

Ucup kelik seorang programmer mengirimkan email ke customer support Heaven Unlimited Company yang isinya :

Yth. Customer Support:

Saya sangat membutuhkan bantuan. Baru-baru ini saya melakukan upgrade program Girlfriend 7.0 ke Wife 1.0 dan diluar perkiraan saya ternyata program baru ini mulai melakukan proses pembuatan sub program Child 1.0 dan juga mulai memakan waktu dan sumber berharga lainnya. Hal ini tidak dicantumkan di brosur produknya.

Sebagai tambahan Wife 1.0 juga mengacaukan program lainnya, memasukkan dirinya ke dalam proses start up harian dimana secara otomatis memonitor semua aktivitas system seperti sebuah virus.

Program saya lainnya seperti Hang Out Café 2.5 atau Friday Nite Party 3.11 tidak lagi bisa berjalan dan menyebabkan system menjadi crash setiap kali dilakukan. Saya mencoba menjalankan Lazy Saturday 5.0 atau Sleepy Sunday 4.2 namun juga tidak dapat dijalankan, bahkan program Saturday Shopping 3.0 atau Sunday Home Cleaning 3.11 yang muncul.

Sepertinya saya tidak bisa membuat Wife 1.0 bekerja di background sementara saya mencoba menjalankan aplikasi favorit saya lainnya. Saat ini saya sedang berfikir untuk kembali ke Girlfriend 7.0 dan melakukan uninstall program Wife 1.0 namun tidak bisa.

Mohon bantuannya.

Ucup kelik

(more…)

Mengenal Sistem Operasi Handphone Yang Menjadi Pesaing Android July 16, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Uncategorized , add a comment

Dalam tulisan lain dalam blog ini saya pernah membahas sistem operasi (OS) pada handphone seperti Bada OS buatan Samsung,  Blackberry buatan RIM dan lainnya. Sepertinya jika dilihat saat ini, Bada OS milik Samsung tidak begitu laris dipasaran sedangkan Blackberry saat ini juga sudah mulai ditinggalkan, begitu juga Windows Phone milik Microsoft tidak begitu laris dipasaran walaupun saat ini kita masih bias menemukan Windows Phone. Secara umum dari semua sistem operasi yang ada sistem operasi Android besutan Google dan Iphone milik Apple adalah OS yang paling banyak digunakan. Kedua sistem operasi ini bersaing secara ketat.
Selain Iphnone yang menjadi saingan berat Android, sekarang Android punya pesaing baru yang akan menjadi penantang besarnya. Tercatat ada 3 sistem operasi yang akan segera meluncur ke dunia mobile, yaitu Tizen, Firefox OS, dan Ubuntu.

(more…)

Alasan Ilmiah Islam Melarang Pria Memakai Emas July 15, 2013

Posted by GALIH HENDRO MARTONO in : Artikel Islam , add a comment

Emas

Mungkin diantara kita masih ada yang bertanya – tanya mengapa laki laki muslim dilaramg memakai emas oleh Rasulullah , Inilah tinjauan ilmiah atau analisa medisnya. Para ahli fisika telah menyimpulkan bahwa atom pada emas mampu menembus ke dalam kulit dan masuk ke dalam darah manusia, dan jika kita (pria) mengenakan emas dalam jumlah tertentu dan dalam jangka waktu yang lama, maka dampak yang ditimbulkan yaitu di dalam darah dan urine akan mengandung atom emas dalam prosentase yang melebihi batas (dikenal dengan sebutan migrasi emas). Dan apabila ini terjadi, maka akan mengakibatkan penyakit Alzheimer. Penyakit Alzheimer sendiri adalah suatu penyakit dimana orang tersebut kehilangan semua kemampuan mental dan fisik serta menyebabkan kembali seperti anak kecil.

Lalu bagaimana dengan wanita?

Apakah Emas tidak berbahaya jika digunakan oleh wanita.

(more…)

Twitter widget by Rimon Habib - BuddyPress Expert Developer